Pengertian Zaman Prasejarah, Definisi Serta Pembagian Zaman Prasejarah

Artikel terkait : Pengertian Zaman Prasejarah, Definisi Serta Pembagian Zaman Prasejarah

Pengertian zaman prasejarah berikut ini dapat Anda simak bagi Anda yang belum memahaminya. Jika Anda belajar mengenai zaman prasejarah, tentunya Anda harus paham terlebih dahulu tentang zaman tersebut. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan zaman prasejarah serta apa saja yang terjadi pada zaman tersebut? Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, simak uraian lengkap berikut ini. Secara garis besar, pengertian dari zaman prasejarah adalah zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Zaman prasejarah juga dikenal sebagai nirleka dimana nir berarti tidak ada dan leka berarti tulisan.
zaman sejarah,zaman prasejarah manusia purba,peninggalan zaman prasejarah di indonesia,pembagian zaman logam,pengertian zaman logam,pembagian zaman batu,zaman kolonial,ciri ciri zaman batu,
baca juga : Pengertian Fermentasi

Istilah zaman prasejarah memang ditujukan untuk zaman dimana catatan sejarah yang tertulis belum tersedia. Pada zaman tersebut juga dapat dikatakan sebagai permulaan terbentuknya alam semesta. Akan tetapi lebih mengacu pada zaman ketika manusia hidup di bumi yang belum mengenal tulisan. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa zaman prasejarah dan zaman sejarah terpengaruh oleh tulisan. Yang mana pada zaman sejarah, manusia sudah mengenal tulisan. Setiap negara atau bangsa memiliki akhir zaman prasejarah atau awal zaman sejarah yang berbeda-beda.

Permulaan zaman prasejarah sendiri sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun menurut beberapa teori, zaman prasejarah dimulai sejak hadirnya manusia di bumi. Sementara akhir dari zaman prasejarah adalah ketika manusia sudah mengenal adanya tulisan. Di Indonesia sendiri, akhir dari zaman prasejarah yaitu sekitar abad ke-5. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya prasasti yang bentuknya yupa dan ditemukan di tepi Kalimantan Timur, tepatnya di Sungai Mahakam. Secara umum, zaman prasejarah di Indonesia ditinjau dari 2 aspek. Di antaranya yaitu berdasarkan bahan untuk membuat alat dan berdasarkan kemampuan masyarakat.

Sesuai dengan penjelasan mengenai pengertian zaman prasejarah di Indonesia tersebut, zaman prasejarah berdasarkan bahan untuk membuat alat terbagi menjadi beberapa zaman. Diantaranya yaitu:
1. Zaman Batu
Zaman Batu dikenal sebagai zaman dimana manusia belum mengenal logam. Manusia membuat alat kebudayaan dari batu karena masih belum mengenal logam.
2. Zaman Perunggu
Pada zaman ini, manusia sudah mengenal logam dan bahkan sudah mencampur timah dan tembaga. Alat-alat yang dibuat dari perunggu di antaranya yaitu Kapak Corong, Neraka Moko, Benjana di Madura dan Sumatera serta Arca perunggu.
3. Zaman Besi
Setelah memasuki zaman besi, manusia sudah mengenal bagaimana cara melebur besi dari bijinya. Dimana peleburan besi tersebut akan dituang lalu dijadikan alat-alat sesuai kebutuhan. Teknik peleburan besi ini cukup sulit dan lebih sulit dibanding teknik peleburan tembaga atau perunggu. Pasalnya, untuk meleburkan besi membutuhkan panas yang sangat tinggi mencapai 3500 derajat celcius. Alat-alat yang dihasilkan dari peleburan besi di antaranya yaitu mata kapak, mata pisau, mata pedang, mata sabit dan cangkul.

Sementara zaman berdasarkan kemampuan yang dimiliki masyarakat pada masa itu terbagi atas:
- Masa berburu dan mengumpulkan makanan
- Masa bercocok tanam
- Masa perundagian

Itulah ulasan singkat mengenai zaman prasejarah serta pembagian zaman-zaman prasejarah. Semoga ulasan mengenai pengertian zaman prasejarah ini dapat memberikan manfaat.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP