Pengertian Xilem dan Komponen Penyusun Xilem Tumbuhan

Artikel terkait : Pengertian Xilem dan Komponen Penyusun Xilem Tumbuhan

Pengertian xilem adalah jaringan angkut yang ada di dalam tumbuhan yang mempunyai fungsi untuk mengangkut zat mineral dan air melalui akar tumbuhan ke seluruh daun yang ada pada tumbuhan. Jaringan angkut dalam tumbuhan sendiri ada dua jenis yaitu jaringan angkut xilem dan jaringan angkut floem. Kedua jaringan angkut ini merupakan salah satu jaringan yang sangat penting dalam tumbuhan tanpa adanya jaringan angkut, tumbuhan tidak bisa memproduksi makanannya sendiri sehingga lama kelamaan tumbuhan akan mati. Keberadaan jaringan angkut ini ada bagian dalam batang sampai ke bagian pucuk daun tumbuhan.

Komponen Penyusun dalam Xilem

Dari pengertian xilem yang dijelaskan dapat disimpulkan bahwa xilem termasuk jaringan angkut tumbuhan yang sangat kompleks dan terbentuk dari berbagai sel. Sel pembentuk jaringan xilem ini termasuk sel yang sudah mati sehingga membran sel yang ada pada jaringan ini menebal dan di dalamnya terdapat lignin yang berfungsi sebagai penguat batang tumbuhan. Oleh dikarenakan hal ini, xilem juga disebut dengan jaringan penguat tumbuhan. 

Jaringan xilem dalam batang tumbuhan membentuk sebuah lingkaran yang setiap tahunnya akan bertambah, lingkaran dari jaringan xilem inilah yang disebut dengan lingkaran tahun pada batang tumbuhan. Jaringan angkut xilem ini terdiri dari tiga unsur utama yang menyusunnya, ketiga unsur atau komponen yang ada dalam jaringan xilem ini yaitu:
1. Trakeid
Trakeid merupakan kumpulan sel sempit yang mempunyai fungsi utama untuk mengantarkan air dan penopang pada batang tumbuhan. Sel trakeid mengalami penebalan pada dindingnya dan penebalan ini biasanya lebih tebal dibandingkan dengan penebalan yang terjadi di trakea. Pada umumnya, sel trakeid menebal secara sekunder sehingga lumen yang ada dalam sel trakeid ini tidak mempunyai kandungan protoplas.
2. Trakea
Sel trakea mempunyai bentuk sel silinder yang ketika sudah dewasa sel ini akan mati dan pada bagian ujungnya akan bersatu sehingga membentuk tabung yang berfungsi untuk menyalurkan air. Trakea ini biasa disebut dengan pembuluh karena mempunyai fungsi menghantarkan air dan bentuknya seperti pipa silinder. Pada bagian dinding sel mempunyai lubang yang berfungsi sebagai tempat lewat air dari satu sel ke sel yang lainnya. Ukuran dari trakea ini lebih besar dibandingkan trakeid dan bentuknya memanjang dan teruntai seperti sel longitudinal. Sel trakea juga mengandung lignin sehingga penebalannya lebih tipis.
3. Parenkim xilem
Komponen utama dalam xilem yang terakhir adalah parenkin xilem. Parenkim xilem ini terdiri dari sel-sel hidup yang ditemukan di dalam xilem primer dan xilem sekunder. Fungsi utama parenkim xilem ini adalah menyimpan cadangan makanan yang berupa tepung. 

Jaringan angkut pada tumbuhan tidak hanya jaringan xilem saja tapi juga ada jaringan floem. Pengertian xilem dan floem ini sama, yaitu sebagai jaringan pengangkut dalam tubuh tumbuhan, hanya saja mempunyai fungsi yang berbeda. Fungsi dari jaringan floem adalah untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun menuju ke seluruh tubuh tumbuhan. Dua jaringan angkut ini sangat penting dalam tumbuhan karena keduanya merupakan penyalur bahan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dari tumbuhan atau pohon.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP