Pengertian Westernisasi untuk Dapat Menyeleksi Kebudayaan Barat

Artikel terkait : Pengertian Westernisasi untuk Dapat Menyeleksi Kebudayaan Barat

Pengertian westernisasi erat kaitannya dengan kebudayaan dari banyak orang yang diadopsi sekarang. Sebagian besar masyarakat dunia mengadopsi kebudayaan Barat. Bukan hanya dari luarnya saja, tetapi juga ideologi, pemikiran, serta kebiasaannya. Masyarakat yang mempraktikkan cara-cara tersebut menganggap bahwa dengan meniru kebudayaan Barat atau westernisasi akan menjadi lebih orang modern. Padahal kenyataannya, mereka yang meniru hanya di bagian luarnya saja.
sikap kita terhadap masuknya budaya asing,contoh pengaruh kebudayaan asing,cara mengatasi budaya asing,makalah westernisasi,bagaimana sikap kita terhadap budaya asing yang masuk ke negara kita,
baca juga : Pengertian P I C

Indonesia yang berada di wilayah Asia Tenggara masih dikategorikan negara berkembang. Biasanya, negara berkembang memiliki masyarakat yang suka meniru. Sebagai contoh, beberapa tahun yang lalu sedang booming musik Korea pop atau disingkat K-pop. Musik asal Korea tersebut menjadi trend di kalangan anak muda Indonesia dengan meniru dandanan dan berbagai gaya ala aktris K-pop. Aliran musik tersebut merupakan salah satu dari kebudayaan Korea yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia.

Selanjutnya, bukan hanya musik saja. Namun, mulai dari makanan, fashion, hingga perilaku sehari-hari meniru kebudayaan Korea. Sekarang, kebudayaan K-pop dan pernak-perniknya mulai ditinggalkan masyarakat dan kembali menyenangi westernisasi ala Amerika Serikat atau negara-negara Eropa lainnya. Itulah fenomena yang terjadi di tengah masyarakat terkait proses pengadopsi kebudayaan bangsa lain, seperti westernisasi yang sedikit demi sedikit mulai merambah berbagai bidang kehidupan.

Anda mungkin secara sadar atau tidak sudah melakukan proses westernisasi. Lalu, apa sebenarnya pengertian westernisasi? Dengan mengetahui tentang westernisasi dan seluk beluknya, tidak menutup kemungkinan Anda bisa memikirkan sendiri bagian mana yang cocok untuk ditiru dan mana yang tidak.

Secara umum, westernisasi diartikan proses masyarakat yang mengadopsi kebudayaan Barat dalam berbagai bidang. Misalnya, bidang industri, hukum, ekonomi, fashion, makanan, dan lain sebagainya. Proses yang terjadi memang bisa berjalan cepat atau lambat. Semua itu tergantung dari faktor pendukung yang menjadikannya proses westernisasi berjalan apa adanya. Salah satu faktor pendukung yang sangat berpengaruh terhadap proses westernisasi berjalan cepat, yaitu perkembangan teknologi.

Lebih spesifik lagi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Internet menjadi produk teknologi yang menjadikan arus informasi dan komunikasi berjalan begitu cepat. Di dalamnya terdapat berbagai informasi dari kebudayaan dan tradisi westernisasi yang dapat dibaca dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Secara bertahap, masyarakat akan terpengaruh dari kebudayaan Barat. Ditambah dari tayangan di televisi atau layar lebar berbagai film Barat yang menayangkan perilaku-perilaku dalam kehidupan sehari-hari di dunia Barat. 

Dengan begitu, masyarakat di Indonesia semakin terpengaruh untuk segera mengadopsi kebudayaan Barat tersebut. Mulai dari anak kecil hingga orang tua meniru kebiasaan dari masyarakat Barat. Hal itu bisa berdampak positif maupun negatif, tergantung dari orang yang meniru dan menerimanya. Alangkah baiknya jika lebih selektif untuk memilihnya. Sudah seharusnya kita semua lebih selektif dalam menerima kebudayaan Barat seperti yang dijabarkan dalam pengertian westernisasi.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP