Rabu, 25 Mei 2016

Pengertian Regulasi Dalam Berbagai Bidang

loading...

Pengertian regulasi dalam bidang Biologi merupakan suatu kemampuan untuk menyesuaikan diri guna bertahan hidup di dalam air asin dengan melakukan pertahanan kandungan garam di dalam cairan tubuh agar tetap lebih rendah daripada air. Atau kemampuan menyesuaikan diri guna bertahan hidup yang biasanya terdapat pada hewan air tawar dengan cara mempertahankan kandungan garam dalam cairan tubuh agar lebih tinggi daripada air di luar tubuh mereka.

Macam-Macam Pengertian Regulasi Dari Berbagai Bidang

Dalam bidang ekonomi Regulasi memiliki arti penting tersendiri karena ekonomi di Indonesia sedang berkembang dan tentunya membutuhkan pengawasan dalam melakukannya. Peraturan juga harus dibuat agar terciptanya kondisi yang dimana bisa membantu ketertiban dalam melakukan bidang-bidang perekonomian. Pengertian Regulasi dalam bidang ekonomi merupakan aturan yang dibuat untuk mencapai ketertiban dalam melakukan persaingan dagang namun tidak menjatuhkan satu sama lain.
Pengertian regulasi dalam bidang ekonomi ini memiliki dua jenis regulasi bisnis. Yaitu regulasi bisnis di bidang merek serta regulasi di bidang perlindungan konsumen. Dilihat dari jenisnya tentu sudah mudah dibedakan satu sama lain. Regulasi bisnis di bidang merek ini dibuat untuk melindungi merek yang sudah mendapat ijin edar oleh pemerintah. Merek sendiri seringkali disalahgunakan oleh berbagai oknum yang sering berbuat curang atau tidak pantas dilakukan. Itu sebabnya kenapa regulasi dalam bidang bisnis ini dibuat.

Tujuan dari regulasi adalah untuk melindungi merek produksi dalam perdagangan barang dan jasa serta untuk melindungi merek dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Hal ini disebabkan perdagangan banyak negara dilakukan di bawah lembaga WTO sehingga merek dari barang dan jasa ini perlu mendapatkan perlindungan karena sudah menandatangani perjanjian untuk menjaga merek dari masing-masing negara. Karena merek itu memiliki sebuah hak cipta yang akan membedakan merek yang satu dengan merek yang lainnya.

Pengertian regulasi dalam bidang ekonomi yang selanjutnya adalah regulasi bisnis di bidang konsumen. Peraturan yang dibuat pemerintah Indonesia sebagai salah satu contohnya yaitu memberikan perlindungan kepada konsumen yang akan membeli atau menggunakan barang atau jasa. Perlindungan ini disebut perlindungan Priventif atau perlinduangan kepada konsumen yang terkena dampak setelah menggunakan barang atau jasa.

Adapun perlindungan setelah konsumen menggunakan barang atau jasa ini disebut perlindungan kuratif. Perlindungan terhadap konsumen ini tentu sangat penting untuk dikaji karena biasanya disini konsumen sering mendapat kerugian atas suatu barang atau jasa tertentu dan perlindungan konsumen ini memang sebaiknya mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Pengertian Regulasi dalam bidang sosial dalam hal ini adalah norma merupakan aturan yang hukumnya mengikat dan tidak bisa dibantahkan. Biasanya norma-norma yang sudah diajarkan akan lebih mempererat kehidupan sosial karena biasanya akan memunculkan sanksi-sanksi yang sudah dibuat apabila melanggar peraturan yang sudah dibuat. Biasanya sanksi-sanksi ini berupa denda dalam bentuk uang atau sanksi sosial seperti mengucilkan seseorang yang melakukan tindakan tidak terpuji.

Pengertian Regulasi Dalam Berbagai Bidang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp