Jumat, 27 Mei 2016

Pengertian Ovulasi Itu Apa Sih?

loading...

Apa sih ovulasi itu? Pengertian ovulasi yaitu proses yang terjadi hanya di dalam siklus menstruasi kaum wanita, dimana pada siklus tersebut folikel yang sudah matang pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi. Sel telur disebut juga dengan ovum yakni gamet betina. Pada saat lapisan rahim tersebut telah menebal untuk mempersiapkan sel telur yang sudah dibuahi tersebut.
masa ovulasi itu apa,arti kimcil itu apa sih,apa sih arti cinta itu,apakah ovulasi sama dengan masa subur,tanda tanda terjadinya ovulasi,masa ovulasi dan pembuahan,kalkulator ovulasi,
baca juga : Pengertian 5w 1h

Jika pembuahan tidak terjadi maka lapisan rahim dan darah akan dihancurkan, sehingga terjadi penumpahan telur yang tidak dibuahi. Penumpahan sel telur yang tidak dibuahi dan dinding rahim sering disebut dengan menstruasi pada wanita. Pada terjadinya ovulasi maka ovulasi akan dikontrol oleh hipotalamus yang akan mengirimkan sinyal yang memerintahkan anterior lobus serta kelenjar hipofisis agar mensekresikan lutenizing hormon serta follice-stimulating hormon.

Proses ovulasi ini biasanya akan terjadi diantara hari ke 10 sampai hari ke-19 di dalam siklus menstruasi. Dimana hal tersebut merupakan waktu wanita sedang memasuki masa paling subur dalam satu bulan. Sehingga jika proses ovulasi tersebut berjalan lancar maka setiap bulan seorang wanita tersebut pasti akan mengalami menstruasi. Namun terkadang banyak wanita yang menstruasinya tidak tetap, hal ini perlu diperhatikan dan lebih baik diperiksakan kepada dokter.

Setiap kali terjadi siklus menstruasi maka hormon reproduksi akan bekerja sama guna merangsang ovarium tersebut. Namun pada siklus ini, beberapa telur belum matang sudah mulai berkembang serta segera merespon hormon tersebut. Pengertian ovulasi atau menstruasi pada tahap ini telur akan berkembang selama beberapa bulan sampai matang, setelah siap untuk dilepaskan. Namun tidak semuanya akan dilepaskan akan tetapi beberapa di antaranya akan berhenti tumbuh dan akan mati.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa proses ovulasi akan dimulai ketika memasuki pubertas dan akan terus mengalaminya setiap bulannya pada tahun usia subur wanita. Namun proses ovulasi akan berhenti ketika wanita mengalami masa kehamilan. Sebenarnya ada beberapa tAnda yang muncul ketika wanita berovulasi atau menstruasi. Selama menstruasi volume lendir serviks pada wanita akan bertambah dan menjadi lebih tebal. Hal tersebut bisa terjadi karena kadar estrogen meningkat. Ketika memasuki titi tersubur wanita, maka lendir serviks akan berbentuk dan bentuknya menyerupai putih telur.

Pada menstruasi juga akan menyebabkan peningkatan pada suhu tubuh wanita mulai 0,4 derajat sampai 1,0 derajat. Hal ini terjadi karena sekresi hormon progesteron telur dilepaskan. Perlu Anda ketahui pada umumnya bahwa masa tersubur seorang wanita terjadi selama 2 hingga 3 hari sebelum suhu tubuh wanita mencapai puncaknya.

Tanda-tanda lainnya jika seorang wanita akan mengalami menstruasi biasanya berbeda-beda. Jika wanita tersebut mengenal dirinya sendiri maka dia akan lebih tahu. Demikian penjelasan mengenai pengertian ovulasi atau sama dengan menstruasi.

Pengertian Ovulasi Itu Apa Sih? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp