Rabu, 25 Mei 2016

Pengertian Otoriter, Ciri-Ciri dan Kelebihan Sistem Otoriter

loading...

Pengertian Otoriter yaitu sebuah bentuk dari kekuasaan yang terpusat. Bentuk kekuasaan ini sangat bertolak belakang dengan sistem demokrasi. Dimana pada sistem demokrasi lebih menekankan pada kekuasaan yang tidak terpusat. Sementara sikap otoriter sering dipahami sebagai sistem politik otoriter. Yang dapat diartikan sebagai bentuk pemerintahan yang lebih menekankan pada kekuasaan negara atau individu tertentu. Kekuasaan yang terpusat tersebut tidak melihat akan kebebasan individu lainnya. Oleh karena itu, sistem otoriter dianggap bertolak belakang dengan demokrasi. Pasalnya, sistem demokrasi akan melalui pemilihan umum untuk memperoleh kekuasaan.
pengertian negara otoriter,ciri ciri negara otoriter,pengertian sistem politik otoriter,sistem politik anarki,sistem politik totaliter,sistem politik diktator,negara yang menganut sistem otoriter,
baca juga : Pengertian Jagat Raya

Secara etimologi, pengertian otoriter sendiri yaitu pengaruh kuasa, otoritas atau wibawa. Dimana kata otoriter sendiri berasal dari bahasa Inggris Authoritarian dan dari kata Auctoritas dari bahasa Latin. Dengan adanya otoritas individu, maka dapat memberikan pengaruh yang cukup kuat. Pengaruh tersebut dapat berupa gagasan, perilaku dan pemikiran dari seseorang baik perorangan ataupun secara kelompok. Sistem otoriter merupakan rejim politik, ditandai oleh pemusatan kekuatan politik pada kelompok elit. Yang mana kelompok tersebut biasanya tidak akan bertanggung jawab kepada masyarakat secara institusional.

Sementara dalam cara hidupnya, pengertian otoriter akan berpegang pada kekuasaan atau otoritasnya. Penganut sistem otoritas akan menggunakan otoritas atau kekuasaannya sebagai dasar dalam berpikir. Biasanya, orang-orang yang memiliki sikap kepemimpinan otoriter sangat perhatian pada efektivitas dalam bekerja. Tidak hanya itu, orang tersebut juga akan terus berpijak pada kewenangan mutlak sebagai pemimpin utama. Dimana orang tersebut akan membuat ide, rencana dan tujuan sendiri. Pemimpin dengan sikap otoriter tersebut akan membuat kebijakan sesuai dengan keputusan dari dirinya sendiri.

Ciri, Kelebihan dan Keuntungan Sistem Otoriter

Sistem otoriter memiliki ciri pemusatan kekuasaan yang ada pada satu orang saja dan pemerintahannya tidak berdasarkan pada konstitusional. Ciri lain yaitu negara diputuskan berdasarkan kekuasaan dan pembentukan pemerintahan yang tidak berdasarkan pada musyawarah. Pemutusan negara tersebut hanya melalui dekrit dan sistem ini biasanya tidak bertumpu pada pemilu dari warga-warganya. Ada juga yang menggunakan pemilu namun hanya untuk memperkuat pemimpin yang sama. Pada sistem otoriter, hak minoritas akan sering tertindas dan pers sangatlah dibatasi oleh negara. Biasanya akan diterapkan prinsip sama rata dan sama rasa pada sistem otoriter.

Kelebihan dan keuntungan menggunakan sistem otoriter pada sistem politik yaitu presiden memiliki kekuasaan penuh dalam pemerintahannya. Konflik yang terjadi pada masyarakatnya akan lebih berkurang karena ada pengawasan terhadap hal-hal yang menggoyahkan masyarakat. Tidak seperti sistem demokrasi yang biasanya memberikan kebebasan masyarakat untuk berpendapat. Dengan menggunakan sistem otoriter, pemerintah jauh lebih mudah dalam menyeragamkan hal-hal yang ada pada negara tersebut. Kekurangan sistem ini yaitu tidak adanya kebebasan pers dalam negara tersebut. Demikian ulasan mengenai pengertian otoriter, ciri-ciri dan keuntungan sistem otoriter.

Pengertian Otoriter, Ciri-Ciri dan Kelebihan Sistem Otoriter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp