Pengertian Iman Kepada Hari Akhir dan Tanda-tandanya

Artikel terkait : Pengertian Iman Kepada Hari Akhir dan Tanda-tandanya

Pengertian iman kepada hari akhir atau hari kiamat diartikan secara sederhana adalah percaya akan adanya hari akhir atau hari kiamat yang kelak akan terjadi. Hari akhir atau hari kiamat ini merupakan hari terakhir manusia hidup di muka bumi ini dan dimulainya kehidupan abadi di dalam akhirat. Penjelasan mengenai hari kiamat ini dijelaskan dalam surat Al Zalzalah dan surat lainnya ini tertera dalam Al Qur’an. Tidak hanya dalam Al Qur’an saja yang menjelaskan tentang hari kiamat di kitab-kitab Allah sebelum Al Quran juga sudah dibahas mengenai hari akhir atau hari kiamat ini.
Mengimani atau percaya dengan akan datangnya hari kiamat atau hari akhir ini adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam. Pengertian iman kepada hari akhir atau hari kiamat ini masuk dalam rukun Islam ke lima setelah iman kepada Nabi dan Rasul Allah. Mempercayai akan datangnya pada hari kiamat ini tidak hanya bisa diartikan secara sempit saja yaitu hanya percaya akan hari kiamat tapi juga harus meyakini bahwa setelah hari kiamat akan ada kehidupan abadi atau kehidupan setelah hari akhir.

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Datangnya hari kiamat sudah dipastikan akan datang, tapi tak seorang pun tidak mengetahui kapan pastinya hari kiamat ini akan datang. Nabi Muhammad sebagai pimpinan semua umat pun tidak mengetahui kapan tepatnya hari kiamat ini akan muncul. Walaupun demikian, Allah tetap memberikan tanda-tanda datangnya hari kiamat. Tanda-tanda datangnya hari kiamat ini dibedakan berdasarkan jenis kiamatnya, jenis kiamat ada dua yaitu kiamat kecil atau kiamat sugra dan kiamat besar atau kiamat kubra. 

Kiamat kecil atau kiamat sugra ini datang sebelum kiamat kubra, sedangkan kiamat kubra adalah hari akhir segalanya di mana semua makhluk hidup akan mati dan kemudian semua yang pernah hidup akan dibangkitkan kembali.

Tanda-tanda datangnya hari kiamat sugra atau kiamat kecil adalah:
1. Banyak bencana alam yang terjadi, seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi, dan bencana lainnya.
2. Jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki.
3. Fitnah sudah merajalela dan banyak terjadi pembunuhan.
4. Maraknya pergaulan bebas.
5. Manusia tidak peduli lagi dengan ilmu agama

Sedangkan tanda-tanda kiamat kubra atau kiamat besar yaitu:
1. Alquran tidak dijadikan pedoman hidup
2. Munculnya Ma’juj dan Ya’juj yang akan merusak bumi
3. Manusia menjadi murtad dan kufur
4. Munculnya Dajjal
5. Munculnya Imam Mahdi
6. Matahari muncul dari sebelah barat dan akan terbenam dari sebelah timur

Dilihat dari tanda-tanda kiamat ini sudah sangat terjelas hampir semua tanda-tanda ini mulai bermunculan. Hal ini menjadikan tanda bagi kita umat Islam bahwa kiamat akan datang sebentar lagi, entah satu atau dua tahun atau bahkan beberapa hari lagi yang pasti kiamat akan datang dan menghancurkan seluruh makhluk hidup yang ada di jagat raya ini. Mendalami pengertian iman kepada hari akhir ini merupakan salah satu cara agar kita tetap beriman kepada Allah dan percaya bahwa hari pembalasan itu pasti akan datang.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP