Pengertian Genosida dan Kejahatan Manusia

Artikel terkait : Pengertian Genosida dan Kejahatan Manusia

Pengertian Genosida merupakan sebuah pembantaian secara besar-besaran dengan cara sistematis kepada suatu suku bangsa atau kelompok tertentu dengan maksud untuk memusnahkan bangsa atau kelompok tersebut. Genosida merupakan salah satu dari empat pelanggaran Hak Asasi Manusia berat dalam yuridiksi International Criminal Court. Pelanggaran Hak Asasi Manusia berat lainnya adalah kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan agresi serta kejahatan perang.
Dari pelanggaran Hak Asasi Manusia ini genosida merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia terberat karena merupakan pembantaian secara besar-besaran untuk menghapuskan suatu bangsa atau kelompok tertentu. Tentu saja hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam menjalani hidup dan akan membuat korban yang masih hidup akan merasa terancam.

Pengertian genosida dalam bidang budaya hampir serupa dengan genosida pada umumnya. Hanya saja dalam bidang budaya genosida akan melakukan pembunuhan peradaban suatu bangsa atau kelompok atau suku dengan cara pelarangan penggunaan bahasa asal serta menghancurkan atau mengubah sejarah dari suku atau kelompok tersebut dan menghancurkan segala sesuatu yang berhubungan dengan peradaban mereka. Hal ini tentu saja tidak disarankan karena budaya merupakan akar sebuah bangsa. Jika dalam bangsa tidak memiliki budaya tentu akan membuat bangsa tersebut menjadi tidak kokoh.

Kontroversi Genosida

Pengertian Genosida yang merupakan salah satu dari empat pelanggaran Hak Asasi Manusia terberat ini tentu saja selalu dikecam oleh banyak negara. Apalagi jika genosida ini dilakukan tanpa sebab yang tidak pasti atau hanya keputusan salah satu pihak saja. Selain akan menimbulkan rasa tidak aman, genosida ini juga akan membuat negara-negara lain merasa khawatir akan keselamatan orang banyak karena pembunuhan besar-besaran itu tentu akan membuat keselamatan manusia akan terancam.

Salah satu genosida yang paling berpengaruh di dunia adalah pembantaian orang-orang Yahudi, orang Gipsi serta suku bangsa Slavia oleh para pendukung kaum Nazi di Jerman pada Perang Dunia II. Dimana pada perang tersebut memunculkan sosok Adolf Hitler yang terkenal kesadisannya karena berani melakukan genosida secara besar-besaran dan membuat kaum Yahudi kala itu merasa terancam keselamatannya.

Pengertian Genosida yang dianut oleh Adolf Hitler ini tentu saja tidak dimengerti oleh banyak negara lainnya kenapa harus melakukan pembantaian dan tidak mengusir saja dari negara Jerman. Tentu saja hal itu juga yang membuat nama Adolf Hitler menjadi sosok berpengaruh di dunia karena kasus genosida besar-besaran yang memacu Perang Dunia II.

Pengertian genosida ini juga dikuatkan oleh berbagai kasus yang cukup terkenal pada tahun 2004 dimana di Sudan terjadi pembantaian yang mampu menyedot perhatian banyak negara. Pembantaian kaum masyarakat kulit hitam di Darfur, Sudan. Pembantaian ini tentu saja membuat banyak negara bahkan PBB juga mengecam tindakan milisi Janjaweed tersebut karena kasus genosida sangat meresahkan masyarakat Sudan pada saat itu.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP