Pengertian E-Procurement dalam Bisnis Online

Artikel terkait : Pengertian E-Procurement dalam Bisnis Online

Pengertian e-procurement menjadi salah satu yang menarik dibahas karena berkaitan dengan bisnis online yang sedang booming saat ini. Sebuah bisnis yang mengandalkan teknologi internet di dunia maya dalam bertransaksi jual beli memang cukup digemari oleh khlayak muda maupun tua. Para penjual dan pembelinya bertransaksi tanpa harus bertemu langsung. Namun, kedua pihak yang berkomunikasi melalui perantara peralatan komunikasi canggih, seperti handphone, smartphone, chatting, email, dan lain sebagainya.
Dalam sebuah bisnis online, tentu saja ada proses yang dijalankan, mulai dari produsen yang mempromosikan produk yang dijualnya, lalu mencari banyak konsumen agar mau membelinya. Sementara itu, konsumen yang sedang membutuhkan sebuah produk akan mencarinya di dunia maya yang lebih mudah dan praktis. Setelah menemukannya, konsumen akan segera menghubungi pihak penjual untuk berkomunikasi terkait transaksi jual beli.

Jika sudah ada kesepakatan lisan antara produsen dan konsumen, maka transaksi jual beli akan segera berlangsung. Di mana sang konsumen akan mengirimkan nominal uang dengan cara transfer, lalu produsen yang menerimanya pembayaran segera mengirimkan produk yang telah dipesan tersebut. Itulah gambaran singkat mengenai proses bisnis online yang ternyata di dalamnya melibatkan sebuah sistem yang dinamakan e-procurement.

Lalu, apa sebenarnya arti dari e-procurement? Anda pun mungkin penasaran dengan pengertian e-procurement beserta seluk beluk di dalamnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyimak sedikit informasi di bawah ini untuk menambah pengetahuan di bidang bisnis online.

E-procurement adalah sebuah sistem pengadaan barang atau jasa yang memakai perantara media ataupun peralatan elektronik dalam proses yang terjadi. Peralatan elektronik itu diartikan sebagai teknologi internet di dunia maya. Pasalnya, manfaat dari internet begitu besar dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tak terkecuali dalam berbisnis online yang ternyata bisa diaplikasikan dengan memanfaatkan internet. 

Sistem e-procurement dalam bisnis online diterapkan dalam proses transaksi jual beli antara penjual dengan pembeli. Dengan menerapkan sistem yang satu ini, kedua pihak bisa mendapatkan kelebihan dan keuntungannya masing-masing. Misalnya, di pihak penjual dapat menghemat biaya operasional dalam kaitannya jual beli yang berlangsung. Pasalnya, tidak perlu ada penambahan tenaga kerja yang fungsinya untuk sales atau marketing. Kegiatan marketing dapat dilakukan sendiri.

Sementara bagi pembeli, mereka dapat menghemat waktu dan tenaga saat membeli sebuah produk secara online. Tidak perlu lagi pergi ke toko atau tempat usaha tertentu hanya untuk membeli sebuah produk. Cukup menelpon, SMS, atau komunikasi lainnya kepada pihak penjual. Sangat mudah dan praktis untuk dilakukan banyak orang. Lagipula, harga yang dibandrol secara online hanya selisih sedikit karena menggunakan biaya pengantaran.

Pengertian e-procurement seperti yang ditulis diatas dapat Anda pelajari dan praktikkan. Mungkin dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk berbisnis online karena banyak keuntungan dan kelebihannya daripada berbisnis offline di dunia nyata. Selamat mencoba dan semoga sukses menyertai Anda.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP