Pengertian E-Book dan Manfaatnya

Artikel terkait : Pengertian E-Book dan Manfaatnya

Pengertian e-book menjadi lebih menarik untuk disimak karena berkaitan dengan perkembangan informasi digital dewasa ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua proses serba digital dengan peralatannya yang elektronik. Hal ini menyebabkan banyak orang merasa terbantu dan dimanjakan dengan kehadiran berbagai fitur digital yang dapat dimanfaatkan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya, yaitu buku bacaan yang sekarang ada versi digitalnya.
Berbagai jenis dan macam buku bacaan, sekarang bisa dimiliki dalam bentuk digital. Buku bacaan tidak hanya berwujud banyak lembaran kertas saja. Masih banyak orang yang memiliki buku bacaan semacam itu. Dengan perkembangan yang pesat, Anda bisa membaca buku hanya melalui layar monitor, laptop, tablet, bahkan smartphone. Pasalnya, lembaran kertas itu sudah dikonversi ke bentuk digital. Tentu saja untuk membacanya Anda perlu menginstal software atau program komputer tertentu.

Buku bacaan dengan versi digital tersebut biasa dinamakan e-book. Anda bisa mendapatkan e-book semacam itu dengan mudah di dunia maya dengan bantuan teknologi internet. Mulai dari buku pelajaran, novel, jurnal ilmiah, makalah, dan lain sebagainya. Semuanya dapat dibuat e-book dan bisa disebarluaskan di dunia maya. Bagi sebagian banyak orang membaca e-book lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Namun, ada juga yang lebih serius saat membaca buku-buku konvensional.

Anda mungkin sudah pernah membaca e-book, tetapi belum mengetahui pengertiannya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengetahui pengertian e-book secara gamblang, seperti yang diuraikan di bawah ini.

E-book atau buku elektronik merupakan versi digital atau elektronik dari buku dalam arti lembaran-lembaran kertas di dalamnya. Semua yang ada di dalam buku konvensional dapat terlihat sama, bahkan lebih jelas di e-book. Selain itu, e-book dapat diedit atau disunting sesuai keinginan dari pengguna (user). Hal ini tentu saja memudahkan bagi banyak orang yang ingin membaca berbagai buku bacaan seperti yang diinginkannya. 

Sementara itu, e-book memiliki extension atau format tertentu, seperti pdf, jpeg, doc, html, atau yang lainnya. Semua format e-book tersebut dapat dibuat dengan dua cara, yaitu mengetik atau menscaning. Jika dengan cara mengetik, Anda perlu memakai software pengolah kata. Sementara untuk scanning, Anda perlu menggunakan alat scanner untuk mengkonversi wujud banyak lembaran kertas menjadi dalam bentuk digital. Selanjutnya, semua tulisan yang sudah diolah segera bisa dijadikan e-book.

Sangat bermanfaat e-book dalam kehidupan manusia karena bisa disimpan dalam harddisk personal computer (PC) atau laptop. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan lemari atau rak khusus untuk menyimpan banyak buku bacaan yang dikoleksi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan 1000 e-book dapat disimpan hanya dalam satu harddisk saja. Sangat luar biasa, bukan? Oleh karenanya, banyak orang yang memilih e-book daripada buku konvensional. Itulah pengertian e-book yang sebenarnya dan semoga bermanfaat untuk sekalian.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP