Rabu, 25 Mei 2016

Pengertian C.O.D Dalam Dunia Bisnis Online

loading...

Pengertian C.O.D - Di dalam usaha bisnis memang banyak istilah yang sering digunakan yang terkadang untuk orang awam sangat sukar dimengerti. Terlebih lagi di dalam dunia bisnis online dimana banyaknya istilah-istilah asing yang kemudian disingkat yang sering membingungkan masyarakat awam yang masih dapat disebut pemula dalam dunia bisnis online ini. Salah satunya adalah C.O.D Pengertian C.O.D merupakan singkatan dari Cash On Delivery ini biasanya ditemui dalam dunia maya atau internet yang menyediakan forum jual beli.
Pengertian C.O.D adalah sistem pembayaran yang dilakukan ketika kedua belah pihak yakni antara penjual dan pembeli yang akan melakukan transaksi pada forum jual beli di tempat yang sudah ditentukan. Kedua belah pihak ini bersepakat untuk bertemu secara langsung dimana penjual akan memberikan barangnya kepada pembeli yang melakukan pembayaran langsung pada penjual. Sistem Cash on Delivery ini tentunya sudah disepakati oleh kedua belah pihak yakni antara penjual dan pembeli. Jadi tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan dengan sistem ini.

Keuntungan Menggunakan Cash On Delivery

Pengertian C.O.D ini tentu saja membuat bisnis online akan lebih terpercaya karena pembayaran akan dilakukan setelah melakukan pertemuan dengan penjual agar bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan. Kepercayaan dalam melakukan bisnis online adalah kunci agar usaha Anda tetap lancar karena dengan kepercayaan maka akan membuat banyak orang akan tertarik dengan testimoni dari pelanggan bisnis online Anda.

Dalam melakukan Cash on Delivery atau C.O.D ini syarat utamanya adalah kedua belah pihak berada di dalam satu kota yang sama. Penjual dan pembeli akan bertemu untuk melakukan transaksi. Hal inilah yang membuat sistem Cash on Delivery ini banyak dilakukan oleh banyak pelaku bisnis online. Selain lebih terpercaya juga akan meminimkan anggaran daripada menggunakan jasa ongkos kirim hingga ke tangan pembeli. Biasanya ongkos kirim akan dibebankan pada pembeli. Tetapi dengan menggunakan sistem Cash On Delivery ini akan menghapuskan ongkos kirim. Pengertian C.O.D ini tentu sangat menguntungkan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli.

Pengertian dari C.O.D atau Cash On Delivery ini juga mampu menumbuhkan kepercayaan antara penjual dan pembeli. Dengan menggunakan sistem ini akan memperkecil kesempatan untuk melakukan tindak pidana penipuan seperti maraknya yang terjadi di dalam bisnis online lainnya. Jika Anda dalam posisi pembeli, sistem C.O.D ini tentu akan menguntungkan Anda karena Anda bisa mengajukan komplain atas barang yang dibeli bila tidak sesuai dengan gambaran atau kondisinya yang layak.

Komplain Anda ini bisa dilakukan sebelum melakukan pembayaran. Hal ini tentu membuat Anda sebagai pihak pembeli bisa mendapatkan kualitas produk atau barang yang terbaik. Lalu jika Anda sebagai pihak penjual, Anda harus memastikan agar pembeli Anda mengetahui sistem ini agar tidak terjadi kesalahpahaman. Dan menjadikan bisnis online Anda ini akan semakin terpercaya. Ya, itulah pengertian C.O.D secara menyeluruh.

Pengertian C.O.D Dalam Dunia Bisnis Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp