Jumat, 27 Mei 2016

Pengertian 5w 1h Dalam Pembuatan Berita

loading...

Apa sih pengertian 5w 1h seperti yang ada di pelajaran bahasa Indonesia? Mungkin untuk para jurnalis atau sering disebut dengan pencari berita, mereka tidak asing lagi jika mendengar mengenai rumus dasar 5w 1h. Rumus dasar 5w 1 h tersebut merupakan rumus yang penting dan menjadi dasar di dalam kegiatan menulis berita dan mengembangkan sebuah berita yang akan disampaikan nantinya.
Tidak hanya para jurnalis saja yang menggunakan 5w 1h, namun juga di sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia, tentunya siswa juga akan diperkenalkan dengan rumus dasar 5W 1H yang sangat penting dalam pembuatan artikel, berita dan menyampaikan sebuah kejadian atau peristiwa.

Sebenarnya 5w 1h merupakan rumus yang isinya berupa beberapa pertanyaan yang digunakan untuk mencari ide pokok atau inti dari sebuah berita. Selain itu, 5w 1h juga digunakan untuk mengembangkan sebuah berita yang akan ditampilkan atau dibacakan nantinya. Rumus dasar 5w 1h sering digunakan untuk mengembangkan sebuah berita karena berisi inti penyusunan berita tersebut. Rumus dasar 5w 1 h diambil dari kata tanya di dalam bahasa Inggris yaitu what, who, when, why, where dan how. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kata tersebut mempunyai arti apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana.

Pada umumnya, rumus dasar 5w 1h ini disebut juga dengan metode kipling atau kipling method. Disebut dengan metode kipling karena istilah dari rumus dasar 5w 1h ini awalnya diambil dari sebuah puisi Rudyard kipling di tahun 1902. Pengertian 5w 1h di dalam penerapannya digunakan untuk mengumpulkan semua informasi dan kemudian dianalisis permasalahannya sehingga seseorang dapat mengambil solusi yang baik guna mengatasi masalah tersebut.

Rumus dasar 5W 1H yang pertama adalah apa, kata tanya ini yakni yang mengenai permasalahan yang terjadi di suatu peristiwa tertentu. Rumus dasar 5w 1h yang kedua adalah siapa, yakni kata tanya mengenai pelaku dari sebuah kejadian yang sedang atau sudah terjadi.

Rumus dasar 5w 1h selanjutnya adalah pertanyaan kapan yang isinya pertanyaan mengenai waktu peristiwa tersebut terjadi atau waktu berita tersebut terjadi. Contoh pertanyaan kapan antara lain kapan kejadian itu terjadi, kapan dia mengalami kecelakaan, kapan dia lupa mengerjakan PR dan lain sebagainya. Kata tanya 5w 1h selanjutnya adalah dimana yang isinya mengenai tempat peristiwa tersebut terjadi. Contohnya dimana kamu terjatuh, dimana berita itu disiarkan dan lainnya.

Selain itu, untuk kata tanya mengapa termasuk dalam 5w 1h yang isinya mengenai alasan terjadi peristiwa. Contoh kata pertanyaan mengapa yaitu mengapa hal itu terjadi, mengapa kamu menangis. Rumus dasar 5w 1h yang terakhir adalah bagaimana yang isinya mengenai pertanyaan yang mengandung cara peristiwa tersebut berlangsung.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian 5w 1h yang sebenarnya jika diterapkan di dalam pembuatan artikel, ulasan berita atau kita menyampaikan informasi sangat membantu kejelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Pengertian 5w 1h Dalam Pembuatan Berita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp