Mengenal Pengertian Biaya Peluang dalam Kehidupan Sehari-hari

Artikel terkait : Mengenal Pengertian Biaya Peluang dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian biaya peluang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, terutama yang berhubungan dengan pengambilan kesempatan yang ada. Dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak terlepas dari memilih sebuah kesempatan yang datang. Setiap harinya pasti kita dihadapkan dalam banyak pilihan, misalnya saja memilih barang belanjaan, memilih rute perjalanan ke sekolah atau ke kantor, memilih kegiatan yang akan dilakukan, dan berbagai pilihan lainnya. Semua kesempatan ini tidak semua bisa diambil dan kita hanya bisa memilih satu dari berbagai pilihan yang ada dan mengorbankan pilihan yang lainnya. Biaya yang dikeluarkan pada pilihan yang dikorbankan atau yang tidak dipilih inilah yang disebut dengan biaya peluang.

Contoh Biaya Peluang Dalam Keseharian

Secara sederhana pengertian biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan demi untuk memenuhi kesempatan lain yang ada. Misalnya saja, seorang pengusaha yang sedang berkembang mendapatkan tambahan modal sebesar 60 juta dari pinjaman bank. Modal tambahan ini dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan dengan berbagai cara, misalnya dengan membeli alat operasional untuk menambah jumlah produksi atau digunakan untuk menyewa tempat usaha yang lebih strategis. 

Keduanya tidak bisa dilakukan secara bersamaan oleh sang pengusaha karena keterbatasan jumlah modal tambahan yang diperolehnya. Jika pengusaha memilih untuk menyewa tempat maka dia mengorbankan untuk tidak membeli peralatan operasional tambahan. Dua pilihan yang bisa dipilih oleh pengusaha ini tentu saja mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Untuk menentukan pilihan mana yang paling tepat sang pengusaha bisa menghitung biaya peluang dari kedua pilihan tersebut. Menghitung biaya peluang ini bisa membantu sang pengusaha untuk membandingkan pilihan mana yang paling menguntungkan dengan dua pilihan yang ada tadi. Setiap biaya peluang yang didapatkan dari sebuah analisis bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengusaha untuk melakukan pengambilan keputusan.

Rumus Menghitung Biaya Peluang

Biaya peluang bisa dihitung dengan menggunakan cara atau rumus yang sangat sederhana. Syarat untuk menghitung atau menentukan biaya peluang adalah adanya minimal dua pilihan yang akan dipilih tapi tidak menutup kemungkinan jika banyak sekali pilihan yang ada. Rumus menghitung dari biaya peluang dengan dua pilihan kesempatan bisa dilakukan dengan mempertimbangkan biaya pada pilihan yang dikorbankan atau tidak dipilih. Sedangkan untuk menghitung biaya peluang dengan banyak pilihan adalah menghitung biaya paling baik dari pilihan-pilihan yang dikorbankan. Pada intinya untuk menghitung biaya peluang ini memperhatikan biaya pilihan yang dikorbankan. 

Sebab Munculnya Biaya Peluang

Biaya peluang muncul dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan oleh pilihan yang tidak ada batasnya sehingga manusia pasti mempunyai banyak pilihan dalam hidupnya. Banyaknya pilihan ini tentu saja tidak bisa diambil semuanya karena keterbatasan kemampuan manusia dalam hal waktu dan dana. Keterbatasan inilah yang membuat manusia hanya bisa mengambil atau memilih satu kesempatan atau pilihan lainnya. Penghitungan biaya peluang ini tidak menjamin tidak adanya kerugian yang dialami oleh manusia, kerugian pasti ada dan tidak bisa diperkirakan. Paling tidak dengan mengetahui pengertian biaya peluang dan cara menghitungnya kerugian ini bisa diminimalkan.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP