Sabtu, 05 Maret 2016

Pengertian Zoologi dan Penjelasan Mengenai Cabang Ilmunya

loading...

Pengertian zoologi yaitu sebuah cabang biologi di dalamnya mempelajari fungsi, struktur, evolusi dan prilaku dari hewan. Adapun ilmu yang mencakup zoologi yakni anatomi perbandingan, biologi molekular, psikologi hewan, biologi evolusioner, ekologi perilaku, paleontologi dan taksonomi. Adapun kajian ilmiah dari ilmu zoologi ini dimulai pada abad ke-16. Pengetahuan mengenai ilmu zoologi ini memang sangat penting, dimana hewan sendiri bisa dimanfaatkan untuk dapat menambah makanan serta dijadikan penanda menuju sumber air. 

Berdasarkan pengertian zoologi tersebut diatas, dapat disimpulkan dimana cabang ilmu biologi tersebut sangat erat hubungannya dengan spesifikasi dari hewan yang wajib dikaji. Kajian yang diperoleh sendiri nantinya dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan. Seperti di bidang kedokteran, bidang pertanian, kesehatan dan lain sebagainya. Berdasarkan pengertian diatas, zoologi mempunyai cabang ilmu yang wajib diketahui sebagai berikut:

1. Malakologi
Merupakan sebuah cabang zoologi mempelajari tentang semua aspek kehidupan hewan moluska. Seperti pengetahuan dasar, bidang budidaya dan terapan. 

2. Nematologi
Merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai cacing giling atau nematoda, yakni merupakan kelompok dari invertebrata dengan beberapa bagian dari anggotanya sebagai parasit yang penting di bidang ilmu pertanian, kesehatan dan kedokteran.

3. Iktiologi
Merupakan cabang ilmu zoologi mempelajari mengenai kehidupan ikan. Akan tetapi cabang dari ilmu tersebut menitik beratkan dalam budidaya dan bidang patologi. Sebanyak 25.000 ikan ditemukan dan juga diidentifikasi. Di tiap tahunnya ilmuwan sendiri mengumumkan sebanyak 250 spesies dari ikan baru. Dalam penerapan cabang dari ilmu iktiologi berkaitan dengan biologi kelautan, oseanografi, dan limnologi.

4. Herpetologi
Merupakan cabang ilmu zoologi sendiri mempelajari mengenai kehidupan amphibia dan reptilia. Adapun objek kajian sendiri yang digunakan yaitu jenis hewan berdarah dingin dan berkaki empat. Adapun ilmu dari cabang tersebut semakin banyak yang dipelajari sebab kebanyakan reptil kini menjadi binatang peliharaan. Di samping itu, adapun kedua kelompok dari hewan tersebut bisa menghasilkan racun untuk dimanfaatkan sebagai bahan utama pada penyakit stroke dan penyakit jantung. 

5. Entomologi
Merupakan ilmu yang berhubungan dengan serangga, dimana artinya yaitu sebuah cabang ilmu yang berhubungan dengan arthropoda. Adapun contohnya luwing, laba-laba serta kerabatnya. 

6. Ornitologi
Merupakan sebuah cabang ilmu dari zoologi yang telah mempelajari tentang seluruh aspek dari burung. Adapun cabang ilmu yang satu ini lebih menitikberatkan terhadap kemampuan melihat lebih tinggi serta proses pendekatan dari burung secara estetis. 

7. Paleozoologi
Merupakan sebuah cabang ilmu paleobiologi yang digunakan untuk mempelajari tentang menemukan dan mengidentifikasi jenis fosil dari hewan yang mempunyai sel banyak. Adapun fosil tersebut akan dipakai untuk rekonstruksi lingkungan dan ekologi prasejarah.

8. Primatologi
Merupakan sebuah cabang dari ilmu zoologi dimana mempelajari mengenai kehidupan dari primata selain manusia. Contohnya kera, monyet maupun kerabatnya. 

Di samping cabang ilmu diatas, mamologi juga termasuk ke dalam ilmu cabang zoologi dimana mempelajari mengenai mamalia. Selain itu, mamologi pun dikenal sebagai therologi atau mastologi. Adapun mamologi masih dapat dibagi kembali menjadi ilmu cabang yang lainnya, yakni primatologi dan cetologi. Demikianlah ulasan mengenai pengertian zoologi dan cabang ilmu yang dimilikinya.

Pengertian Zoologi dan Penjelasan Mengenai Cabang Ilmunya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novri Hp