Pengertian Xampp Menurut Para Ahli Pada Pemrograman

Artikel terkait : Pengertian Xampp Menurut Para Ahli Pada Pemrograman

Pengertian Xampp menurut para ahli sangat beragam, namun intinya tetap sama. Pada umumnya Xampp merupakan perangkat lunak bebas dan mendukung berbagai macam sistem operasi. Xampp sendiri adalah kompilasi beberapa program yang digabungkan. Fungsi dari Xampp ini digunakan untuk server local host atau server yang berdiri sendiri dan terdiri dari beberapa program seperti perl, apache http server, penerjemah bahasa yang sudah ditulis sesuai dengan bahasa pemograman pop, dan mysql database. Sedangkan nama Xampp sendiri adalah singkatan dari X yaitu empat sistem operasi apapun, apache, mysql, perl dan php. 

Program tersebut saat ini tersedia dalam GNU dan bebas, dimana Xampp ini juga merupakan web server yang sangat mudah digunakan karena dapat melayani tampilan halaman web dengan tampilan dinamis. Xampp adalah tools yang sudah menyediakan beberapa perangkat lunak di dalam sebuah paket. Jika ingin menggunakannya, maka Anda harus dengan menginstal Xampp terlebih dahulu sehingga Anda tidak perlu lagi harus melakukan instalasi dan konfigurasi dengan web server apache, mysql dengan manual dan php. Karena kamp akan secara otomatis menginstali dan mengonfigurasikannya dengan otomatis atau auto konfigurasi bagi Anda. 

Sebenarnya versi Xampp saat ini sangatlah banyak namun versi Xampp yang terbaru dan terkenal adalah versi 1.4.14 dan hanya dapat didownload melalui internet. Perlu Anda ingat bahwa sebelum menginstal ini, Anda harus mempunyai sebuah server yang mumpuni sehingga dapat diinstal dan dijalankan di komputer tanpa harus menghubungkannya ke internet. Xampp juga mempunyai bagian-bagian penting yang mempunyai peranan masing-masing di dalam menjalankan tugasnya. 

Pada umumnya, bagian penting Xampp yang biasa digunakan yaitu Xampp control panel application yang mempunyai fungsi untuk mengelola layanan dari Xampp. Pengertian Xampp menurut para ahli dalam fungsi mengelola layanan tersebut seperti mengaktifkan layanan dan menghentikan layanan. Bagian penting lainnya adalah folder yang digunakan untuk meletakkan berkas yang akan dikerjakan atau dijalankan. Pada windows, biasanya folder ini ditempatkan pada bagian C:/Xampp. Bagian penting Xampp yang terakhir adalah phpMyadmin yang fungsinya untuk mengelola semua database. Semua bagian penting Xampp tersebut akan bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Xampp merupakan sebuah software yang sangat mudah digunakan, gratis serta mendukung instalasi pada windows dan linux. Keuntungannya adalah dapat menginstal satu kali dan sudah tersedia mysql database server, apache web server, php support 4 dan 5 dan module lainnya. Perbedaannya jika pada versi windows bentuknya sudah instalasi grafis dan pada file Linux bentuknya sudah file terkompresi tar.gz. Kelebihannya lainnya yaitu pada versi windows mempunyai fitur yang fungsinya untuk mengaktifkan server dengan gratis, sedangkan pada Linux sudah berisi perintah. Sehingga versi Linux sangat sulit untuk dioperasikan. 

Demikian penjelasan mengenai pengertian Xampp menurut para ahli yang pada umumnya sama. Semoga informasi tersebut sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pengertian dari Xampp.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP