Pengertian E-Marketing Beserta Kelebihannya

Artikel terkait : Pengertian E-Marketing Beserta Kelebihannya

Pengertian e-marketing bagi sebagian orang mungkin cukup dicari informasinya. Oleh karena itu, mereka menginginkan informasi yang valid dan dapat dipercaya. Hal itu dikarenakan tidak menutup kemungkinan terkait aktivitas bisnis yang sudah atau akan dijalankan. Sebuah bisnis yang mengandalkan teknologi internet di dunia maya. Dengan demikian, aktivitas bisnis yang dilakukan juga tidak akan jauh-jauh dari beberapa fitur di internet. 

Sebuah bisnis offline di dunia nyata maupun bisnis online di dunia maya pasti memakai marketing atau pemasaran. Tujuan dari kegiatan marketing tentu saja memasarkan produk yang dijual di pasaran. Pertama-tama, marketing dilakukan untuk lebih memperkenalkan kepada masyarakat luas. Selanjutnya, marketing bertujuan untuk membujuk dengan berbagai cara agar banyak orang atau konsumen yang mau membeli ataupun memesan produk yang ditawarkan. 

Bisnis di dunia maya pun juga tidak kalah sengit kegiatan marketingnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah mengubah kehidupan sehari-hari manusia jauh lebih mudah, praktis, dan cepat. Begitu juga dalam berbisnis online, pemasaran juga dapat mengandalkan beberapa fitur di internet yang diaplikasikan melalui sistem komputerisasi. Cara pemasaran semacam itu disebut e-marketing. Bagi Anda yang masih awam mengenai hal itu pasti penasaran dengan istilah e-marketing. Lalu, apa pengertian e-marketing yang perlu diketahui informasinya secara mendetail? Berikut akan diuraikan secara singkat semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.

Perlu Anda ketahui bahwa e-marketing disebut juga internet marketing, online marketing, atau pemasaran elektronik. Huruf ‘e’ pada kata e-marketing memiliki kepanjangan elektronik. Jadi, e-marketing dapat diartikan kegiatan pemasaran dalam sebuah bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan internet di dunia maya. Seseorang yang melakukan e-marketing harus mampu mengaplikasikan beberapa fitur di internet, seperti website, blog, jejaring sosial media, atau yang lainnya.

Secara umum, kegiatan e-marketing berkaitan erat dengan pembuatan iklan produk, promosi produk, dan berbagai hal yang bertujuan menjual produk tersebut. Semakin banyak produk yang terjual dalam bisnis online sudah pasti keuntungan yang didapat juga semakin banyak. Oleh karena itu trend bisnis online jangan hanya ikut-ikutan saja, tanpa mempelajari seluk beluknya. Pasalnya, e-marketing menjadi sebuah cara pemasaran yang harus diketahui secara mendalam.

Ternyata, e-marketing memiliki banyak keuntungan atau kelebihan saat dipraktikkan dalam sebuah bisnis online. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menjangkau pasar yang lebih luas
Pasarnya, e-marketing bukan hanya menjangkau satu wilayah tertentu saja. Namun, hampir seluruh dunia dapat dijangkau, asalkan terhubung dengan koneksi internet.

2. Menghemat biaya pengeluaran atau operasional.
Saat mempraktikkan e-marketing, Anda tidak perlu membuat berbagai iklan berwujud fisik, seperti brosur, selebaran, atau yang sejenisnya. Anda cukup menawarkan produk yang dijual dalam bentuk digital, lalu disebarluaskan dengan koneksi internet. Dengan begitu, biaya pemasaran dapat lebih ditekan pengeluarannya.

Demikianlah pengertian e-marketing beserta keuntungan saat Anda sekalian mempraktekkannya. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP