Pengertian A Cire Perdue, Teknik Cetak Pada Zaman Dahulu

Artikel terkait : Pengertian A Cire Perdue, Teknik Cetak Pada Zaman Dahulu

Pengertian A Cire Perdue - Apakah Anda sedang mencari pengertian A Cire Perdue? Tidak semua orang mengetahui istilah ini, mungkin hanya sebagian saja yang tahu. Istilah A Cire Perdue merupakan istilah yang digunakan untuk teknik pembuatan benda yang memanfaatkan lilin. Sebelum menjelaskan teknik A Cire Perdue lebih jauh, ketahui terlebih dahulu sejarah singkat mengenai teknik ini. Teknik A Cire Perdue merupakan teknik yang banyak digunakan pada zaman perunggu. Indonesia pernah melalui zaman ini, diperkirakan zaman perunggu adalah zaman di antara zaman batu dan juga zaman besi. 

Selain Indonesia, negara-negara lain di seluruh dunia juga banyak yang mengalami zaman perunggu. Pada masa itu, perunggu banyak digunakan untuk pembuatan peralatan rumah tangga dan juga senjata. Ada juga yang menggunakan perunggu untuk keperluan ritual dan keperluan-keperluan lainnya. Pada masa itu, masyarakat masih belum tahu bagaimana cara mengolah logam dengan cara dileburkan. Masyarakat menggunakan teknik di mana mereka menimpa logam untuk dibentuk menjadi sebuah barang atau benda. Pada masa itu, tidak hanya teknik A Cire Perdue saja yang digunakan tetapi juga ada teknik lain.

Pengertian Teknik Cetak A Cire Perdue

Teknik cetak lainnya yaitu teknik Bivalve, yaitu melakukan cetakan dengan memanfaatkan batu. Di mana menggunakan 2 bagian yang kemudian diikat menjadi satu, dilanjutkan dengan penuangan logam. Setelah logam membeku, cetakan batu yang terdiri dari 2 bagian tersebut dibuka. Sementara pengertian A Cire Perdue yaitu teknik cetak yang menggunakan cetakan lilin yang dibungkus tanah liat. Sebelumnya, pengrajin menggunakan lilin untuk membuat model barang yang ingin dibuat. Setelah jadi, lilin tersebut dilapisi dengan tanah liat yang pada bagian atasnya diberi lubang.

Selanjutnya, lilin yang sudah dilapisi tanah liat tersebut dibakar hingga lilin meleleh. Ketika lilin sudah mencair, lilin akan dikeluarkan dari lubang tanah liat. Kemudian ruang yang sebelumnya terisi oleh lilin akan diisi dengan perunggu cair. Jika perunggu sudah mengeras, cetakan tanah liat akan dipecah untuk mengambil cetakan perunggu. Teknik cetak perunggu ini hanya dapat dipakai sekali saja, jika ingin mencetak perunggu lagi harus mencetak lilin yang baru. Cetakan lilin sangat berpengaruh pada hasil cetakan perunggu.

Beberapa contoh dari penggunaan teknik tersebut sebenarnya ada banyak. Mulai dari alat-alat kesenian hingga perhiasan seperti kalung, gelang dan lain sebagainya. Teknik cetak perunggu ini termasuk dalam sejarah, dimana saat ini teknik cetak perunggu ini tidak digunakan lagi. Teknik yang saat ini banyak digunakan yaitu teknik peleburan dan teknik cetak yang lebih praktis. Seperti yang sudah disebutkan, teknik cetak A Cire Perdue hanya dapat digunakan sekali. Dengan kata lain, teknik ini cukup merepotkan dan menghabiskan banyak waktu. Itulah pengertian A Cire Perdue, teknik cetak di zaman perunggu.

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP