Pengertian 4R, Prinsip dan Cara-Caranya

Artikel terkait : Pengertian 4R, Prinsip dan Cara-Caranya

Pengertian 4R mencakup 4R yaitu reduce, reuse, recycle dan replace yakni sebuah prinsip yang digunakan untuk mengelola dan mengurangi sampah. Sampah memang begitu dekat dengan aktivitas manusia, sebab setiap kegiatan yang dilakukan pastinya akan menghasilkan sampah. Sampah sendiri merupakan barang atau sesuatu yang sudah tidak terpakai. Contohnya saja, ketika kita mengonsumsi air mineral memakai botol plastik, maka botolnya menjadi sampah sesudah tidak terpakai. Kegiatan atau aktivitas sehari-hari pastinya begitu banyak. Dengan begitu, sampah yang diperoleh pun semakin banyak. Terlebih lagi sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga, contohnya kemasan makanan, sisa sayuran dan lain sebagainya 
  • Pengertian Prinsip 4R
Adapun untuk mengatasi sampah maka sampah seharusnya dikurangi. Jangan sampai keberadaan sampah pun menumpuk, bahkan menggunung. Di samping itu, dengan membakar sampah justru akan menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Adapun caranya yaitu dengan 4R, yakni reduce, reuse, recycle dan replace. Adapun penjelasan tentang pengertian 4R tersebut diantaranya:

Reduce
Supaya tak menghasilkan banyak sampah, maka kita pun bisa meminimalisir pemakaian benda-benda yang bisa menghasilkan sampah seperti benda yang sekali pakai. Misalnya saja, saat berbelanja, lebih baik membawa tas untuk belanja sendiri dengan begitu Anda tak perlu memakai kantong plastik. Hindari terlalu sering membeli air mineral dengan kemasan botol, sebab botol tersebut nantinya hanya bisa menambah menumpuknya sampah. Cara lainnya dengan mengurangi jajan. Jajanan yang ada di sekolah umumnya memakai kemasan plastik, contohnya untuk permen, snack, makanan dan minuman. Di samping untuk menghindari banyaknya sampah juga supaya terhindar dari aneka macam penyakit sebab jajanan bisa berpotensi untuk mengganggu kesehatan. Masih ada banyak lagi contoh prinsip reduce atau mengurangi sampah di lingkungan kita.

Reuse
Reuse merupakan sebuah aktivitas mengelola sampah dengan menggunakannya kembali. Jika kita memanfaatkan benda-benda yang tak terpakai kembali, maka sampah pun berkurang. Adapun contohnya yang pertama yaitu membiasakan diri untuk tak membuang kantong plastik, sebaiknya kumpulkan kantong plastik tadi supata bisa dimanfaatkan kembali jika kita memerlukan kantong yang digunakan untuk membawa belanjaan. Selain itu, aplikasikan kaleng bekas untuk dijadikan pot tanaman, tempat pensil, dan lain sebagainya. Supaya lebih indah, maka kaling tadi dapat dicat maupun di hias sesuai keinginan kita.

Recycle
Recycle sendiri merupakan upaya pengurangan sampah dengan cara mendaur ulang. Dalam hal ini kita harus bisa membedakan antara sampah anorganik dan sampah organik. Untuk mendaur ulang sampah anorganik sendiri bisa dengan mengumpulkan barang-barang seperti botol plastik bekas minuman, majalah, kertas bekas maupun kaleng bekas. Selain itu, memilih sampah anorganik contohnya kaleng, sampah plastik dan kertas.

Replace
Replace sendiri artinya mengganti, adapun maksudnya yaitu dengan cara mengganti barang yang ramah lingkungan. Contohnya saja, mengganti pemakaian kantong plastik yang biasa dengan kantong plastik yang biodegradable sebab plastik yang satu ini lebih ramah lingkungan sebab mudah untuk diuraikan. Selain itu juga bisa mengubah botol minuman menjadi botol yang bisa dimanfaatkan secara berulang kali, seperti botol yang terbuat dari material aluminium. 

Berdasarkan prinsip-prinsip 4R diatas, kita tentu bisa mengetahui bagaimana caranya untuk mengurangi sampah rumah tangga. Dengan mengurangi sampah di rumah maupun di lingkungan sekitar, tentunya untuk membantu kita dari pencemaran udara ataupun pemanasan global akibat pengelolaan sampah yang kurang tepat. Demikian ulasan mengenai pengertian 4R diatas!

Artikel Cek Pengertian Terbaru Lainnya :

Copyright © 2017 Cek Pengertian Terbaru | Design by Bamz
TOP